Basarnas Evakuasi Selamat Lima WNA Jepang


Maumere - Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melalui Pos Pencarian dan Pertolongan Manggarai di Labuan Bajo menerima laporan, Sabtu (6/7) pukul 20.00 WITA Kapal Motor Rambo Star dihantam gelombang tinggi saat menuju ke Pulau Komodo. Akibatnya kapal tenggelam di sebelah selatan Pulau Padar Flores dengan jarak 19.38 NM dari Pos SAR Manggarai Barat. Jumlah Penumpang 8 orang yang terdiri dari 5 orang WNA dan 3 ABK.

Pukul 20.05 WITA Pos Pencarian dan Pertolongan Manggarai Barat berkoordinasi dengan potensi diantaranya Lanal Maumere, Ditpolair, Polda NTT, Polres Manggarai Barat, Pos AL Manggarai Barat, KP3 Laut Manggarai Barat dan Syahbandar Manggarai Barat.

Selang 10 menit kemudian Tim Rescue Pos Pemcarian dan Pertolingan Manggarai Barat berjumlah 3 orang menggunakan 1 RIB 400 PK dilengkapi dengan Palsar Air menuju lokasi untuk melakukan evakuasi penumpang.

Pada Pukul 22.00 WITA bersama tim gabungan tiba di POS TNK Pulau Padar KORDINAT 08°40'35.28" S - 119°33'22.2" E dan dilaksanakan evakuasi terhadap 5 orang WNA penumpang KM Rambo Star menggunakan RIB 400 PK Pos SAR Manggarai Barat Menuju Labuan Bajo. Sementara 3 ABK tetap brada di POS TNK Pulau Padar.

Minggu (7/7) dini hari tim Gabungan berhasil membawa 5 WNA ke Pelabuhan Labuan bajo dalam keadaan selamat. Kelimanya hanya mengalami luka ringan dan mampu berjalan sehingga tidak membutuhkan ambulance. Selanjutnya mereka dibawa ke Puskesmas Labuan Bajo.

Adapun data kelima penumpang yang mwrupakan warga negara Jepang aitu Kana, Koji Kato, Vacerie, Yojin, dan Andrew.

Identitas kru kapal bernama Abdul (Nahkoda), Faisal (ABK), dan Sahrul (ABK)



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : Febrilina
7 July 12:05 WIB