Meningkatkan Kemampuan Personil Dalam Bidang Pencarian dan Pertolongan Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Gelar Latihan Pos Komando Pencarian dan Pertolongan dengan Pembekalan SAR Planning 2019 Serta Mewujudkan SAR Planner – SAR Yang Berkompeten


Maumere, 09/10/2019. Direktur Kesiapsiagaan dan Latihan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Bapak Didi Hamzar, S. Sos,. M.M resmi membuka acara Latihan Pos Komando Pencarian dan Pertolongan dengan Pembekalan SAR Planning Bersertifikat  yang di adakan di aula Hotel Permatasari Kota Maumere Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dandim Letkol Inf Sugeng Prihatin S.Sos., M.Sc., M. Tr. Hanla, Dan Lanal di wakili oleh Letda Laut Sugirto, Kapolres Sikka di wakili oleh Iptu Mesakh dan Kepala BPBD Bapak Avelinus hadir langsung dalam acara pembukaan Latihan Pos Komando Pencarian dan Pertolongan dengan Pembekalan SAR Planning Bersertifikat. Kegiatan pelatihan akan dilaksanan dari tanggal 09 - 26 Oktober 2019 atau selama 17 hari dengan jumlah peserta Latihan Pos Komando Pencarian dan Pertolongan dalam bentuk Pembekalan SAR Planning Bersertifikat kali ini sebanyak 14 orang, 13 (tiga belas) orang diantaranya anggota Kansar Maumere dan 1(satu) orang anggota Kansar Kupang. Instruktur berjumlah 5 (lima) orang diantaranya berasal dari Direktorat Kesiapsiagaan 1(satu) orang, Balai Diklat 2 (dua) orang, Direktorat Operasi 1 (satu) orang dan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Denpasar 1 (satu) orang.

Direktur Kesiapsiagaan dan Latihan Basarnas, Didi Hamzar, S.Sos, M.M saat membuka kegiatan menyampaikan perencanaan menjadi kunci utama berhasil atau gagalnya operasi pencarian dan pertolongan dimana memerlukan perhitungan yang presisi mulai dari titik duga lokasi kejadian, daerah pencarian, pengerahan personil dan peralatan, koordinasi lintas sectoral dengan potensi hingga pembuatan laporan akhir . Output yang diharapkan setelah pelaksanaan diklat SAR Planning ini, diharpakan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere dapat memiliki tenaga SAR Planner yang berkompeten dam dapat dihandalkan dalam mewujudkan pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan di wilayah kerja dengan target berhasilnya pelaksanaan operasi pencarian pertolongan pada setiap waktu dan tempat  secara cepat handal dan aman.

Beliau juga berpesan kepada 14 (empat belas) peserta pelatihan SAR Planning bersertifikat untuk mengikuti arahan dengan serius dan melaksanakan instruksi yang diberikan Instruktrur dengan baik.

Sementara itu, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere, I Putu Sudayana, S.E,. M.AP dalam memberikan laporan panitia menggungkapkan Diklat yang diikuti oleh 14 peserta ini bertujuan memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang perencanaan operasi pencarian dan pertolongan, menambah kekuatan personel di bidang perencanaan operasi pencarian operasi serta meniingkatkam kinerja organisasi melalui Sumberdaya Manusia yang profesional.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita , Pelatihan .
Pengunggah : Maumere
9 October 17:19 WIB