KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


BASARNAS MAUMERE EVAKUASI 5 ORANG PENUMPANG KAPAL MATI MESIN DI PERAIRAN PULAU BESAR MAUMERE


Maumere, 30/08/2020. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere pada pukul 17.40 Wita menerima laporan Kecelakaan Pelayaran berupa Kapal Mati Mesin di Perairan Pulau Besar Maumere dari Pak Danus salah satu Anggota DPRD Kab. Sikka.

Kronologi kejadian bermula pada Pukul 17.30 Wita Kapal mengalami mati mesin saat mencari ikan di Perairan Waturia Kab. Sikka. Kapal berjenis Kapal Ketinting,  POB (Person On Board) Lima Orang dengan rute kepala Pulau Pemana – Maumere.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, S.E, M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordinator) yang ditemui saat wawancara mengatakan bahwa “Pada Pukul 17.45 Wita Kami melakukan koordinasi dengan instansi potensi SAR yang ada di Maumere seperti Lanal Maumere, DIT Polair Polda NTT, dan Polair Sikka. Pukul 17.50 Wita Kami langsung meberangkatkan Tim Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere yang berjumlah Empat Orang menuju lokasi kejadian dengan menggunakan RIB 500 PK Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere”.

Proses Operasi SAR yang terjadi dilapangan, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere mengakatan bahwa “Pada Pukul 18.15 Wita dimulai proses evakuasi terhadap seluruh penumpang dengan mengevakuasi ke RIB 500 PK dan selanjutnya dibawa ke Pelabuhan TPI Maumere. Pada pukul 18.40 Wita LRIB 500 PK Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere yang membawa 5 Orang Penumpang Kapal Mati Mesin telah sandar di pelabuhan TPI dan diserahkan kepada pihak keluarga”.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, S.E, M.AP mengapresiasi Tim Rescuernya dengan mengucapkan “Terima Kasih dan Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Rescuer Basarnas Maumere yang sigap dan cepat dalam merespon kejadian Kapal Mati Mesin Perairan Pulau Besar Pemana, Semoga Tugas-tugas Kita dalam misi kemanusiaan menjadi pahal yang baik di sisi Tuhan yang Maha Kuasa”.

 

 



Kategori Kecelakaan Pelayaran , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
30 August 20:56 WIB