KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


BASARNAS MAUMERE LAKSANAKAN OPERASI SAR TERHADAP KAPAL PEMANA RAYA YANG MATI MESIN DI PERAIRAN PULAU PEMANA


Maumere,26/02/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menerima informasi dari Ibu Hazar pada pukul 15.00 Wita bahwa telah terjadi Kecelakaan Kapal berupa satu buah Kapal bernama Pemana Raya rute Maumere- Pulau Pemana mengalami mati mesin di perairan Pulau Pemana sekitar 2,10 NM dari Pelabuhan Wuring dengan POB (Person On Baord) berjumlah 50 Orang. 
 
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E.M.AP sekaligus SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan bahwa “setelah mendapat info dari Ibu Hazar, Kami langsung melaksanakan koordinasi dengan Potensi SAR yang berada di wilayah Kab. Sikka seperti Lanal Maumere, Dit Polair NTT dan Polair Sikka. Pukul 15.20 Wita Kami berangkatkan Tim Rescue Basarnas Maumere berjumlah 4 Orang menuju lokasi kejadian menggunakan RIB 500 PK serta Kami juga berangkatkan Kapal RB 212 Maumere dengan ABK berjumlah 10 Orang guna melaksanakan operasi SAR. Pukul 15.30 Wita Tim Basarnas Maumere berhasil menemukan Kapal Pemana Raya sekitar 0,70 NM dari lokasi kejadian selanjutnya dilaksankan pergantian Accu oleh teknisi sehingga pada pukul 15.45 Wita mesin Kapal Pemana Raya hidup kembali dan melanjutkan perjalanan menuju Pulau Pemana”.
 
Pukul 15.50 Wita Tim Basarnas Maumere baik yang menggunakan RIB 500 PK dan Kapal RB 212 Maumere kembali ke Pelabuhan Wuring dan tiba pada pukul 16.20 Wita. Basarnas Maumere tetap melaksanakan monitoring terhadap posisi Kapal Pemana raya yang hendak ke Pulau Pemana, pada Pukul 18.45 melalui Kepala Desa Pemana melaporkan bahwa Kapal Pemana Raya telah tiba dan sandar di Pelabuhan Pulau Pemana dengan seluruh awak kapal dan penumpang dalam keadaan selamat.
 
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere diakhir wawancara mengatakan bahwa “Saya berterima kasih dan mengapresiasi kepada Tim Komodo Rescue yang telah melaksanakan operasi SAR terhadap Kapal Pemana Raya dengan respon time yang cepat sehingga operasi berjalan dengan aman dan lancar, sungguh tugas ini merupakan tugas kemanusiaan dan mulia”.
 



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : Maumere
26 February 20:00 WIB