KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


BASARNAS MAUMERE MELAKSANAKAN OPERASI SAR KM BERKAT INDAH YANG MATI MESIN DI PERAIRAN PEMANA


Maumere, 023/08/2020. Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere menerima laporan berupa kecelakaan pelayaran KM Berkat Indah yang Patah Gear Box. Lokasi Kejadian berjarak 33,2 NM dari Pelabuhan Wuring dengan koordinat 8°07'39,2" S - 122°26'0.599" E.

Kronologi kecelakaan  pelayaran KM Berkat indah berat 22 GT dengan Tanjung Bunga – Makassar dengan muatan Rumput Laut pada tanggal 02 agustus 2020 pukul 22.00 mengalami patah gear box di sekitar perairan pemana dengan POB (Person On Board) 8 Orang. Upaya telah dilakkukan dengan memperbaiki mesin gear box oleh seluruh ABK KM Berkat indah namun belum berhasil.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E.M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan dalam wawancara bahwa Kami menerima laporan kecelakaan kapal satu buah kapal mati mesin di perairan pemana yaitu kapal KM Berkat Indah langsung dari Nahkodanya yaitu Pak Aji Sampar pada pukul 05.55 Wita. Merespon laporan tersebut Kami langsung memplot koordinat posisi KM Bekrat Indah, kemudian Kami memplot kembali Pulau terdekat dari lokasi kejadian dan didapatkan Pulau Pemana merupakan pulau terdekat dari posisi kapal dengan jarak 17 NM. 

Selanjutnya Kami langsung berkoordinasi dengan Potensi SAR yang berada di Pulau Pemana dengan Pak Haji Imran yang merupakan ketua Kelompok Nelayan di Pulau Pemana, Beliau bersedia untuk menggerakan kapal KM Citra Wati dengan berat 33 GT untuk menarik Kapal KM Berkat indah yang mati mesin tersebut. Pukul 06.10 Wita Kapal KM Citra Kami berangkatkan menuju  lokasi kejadian yang dilengkapi dengan peralatan towing (penarik) perkiraan sampai di lokasi kejadian Pukul 09.05Wita. Lanjut Beliau mengatakan Bahwa Kami juga memberangkatkan Kapal Rescue Boat 212 Maumere dengan 11 Orang ABK dan 5 orang Tim Rescuer Maumere Pada Pukul 06.30 Wita sehingga total POB (Person On Board) sebanyak 16 Orang menuju lokasi Kejadian dengan perkiraan tiba pukul 09.00 Wita.

Pada Pukul 09.05 Wita Rescue Boat 212 Maumere dan KM Citra berhasil menemukan KM Berkat indah yang mengalami mati mesin dan langsung melakukan proses penarikan. Tepat Pukul 12.15 Wita Kapal KM Citra dan Berkat Indah berhasil lego jangkar di Pelabuhan Pemana dengan semua ABK dalam keadaan Selamat dan Sehat dan Kami usulkan ke BCC (Basarnas Command Center) untuk menutup operasi SAR KM Berkat Indah.

Kepala Kantor SAR Maumere Bapak I Putu Sudayana, S.E.M.AP menyampaikan ucapan Terima Kasih Sebesar-besarnya Kepada Seluruh Tim Basarnas Maumere yang telah melaksanakan Operasi SAR dengan aman dan selamat serta Ucapan Terima Kasih Kepada Potensi yang terlibat yaitu Kelompok Nelayan oleh Pak Haji Imran yang telah mengerahkan KM Citra Wati untuk membantu Penarikan. Serta Potensi SAR Lainnya seperti Lanal Maumere, SROP Maumere, dan KSOP Maumere. Adapun Pelaksanaan Operasi SAR tetap mematuhi Protokol Kesehatan dengan memakai masker dan menyiapkan Pakaian Hazmat jika dibutuhkan Proses Evakuasi.

 



Kategori Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : Maumere
3 August 15:00 WIB