KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN MAUMERE GELAR PELATIHAN POTENSI SAR WATER RESCUE DI LABUAN BAJO MANGGARAI BARAT


Labuan Bajo,13/06/2022. Asiten Perekonomian dan Pembangun Kab.Manggarai Barat Ir.Martinus Ban,S.T membuka secara resmi pembukaan Pelatihan Potensi SAR Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue) bertempat di aula Bupati Manggarai Barat.

Sambutan Direktur Bina Potensi yang diwakili oleh Bapak Suhardi,S.T,M.Si selaku Koordinator Susbtansi Rencana Standarisasi  Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan mengatakan bahwa “Musibah atau Kecelakaan Transportasi, Udara, Laut atau Kecelakaan Khusus Lainnnya, Tidak dapat diprediksi, Kesiapan Basarnas bersama Masyarakat Diperlukan untuk Mengantisipasi hal tersebut. Keindahan Parwisata Kab.Manggarai Barat telah mendunia, untuk itu sesuai amanah undang-undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan Pasal 45 yang berbunyi Penyedia Jasa Parwisata yang menyelenggarakan kegiatan dapat menimbulkan risiko bagi keselamatan manusia wajib menyediakan sumber daya manusia yang memiliki sertifikat kompetensi di Bidang Pencarian dan Pertolongan. Dengan adanya pelatihan ini Para Peserta Potensi SAR akan Kami bekali dengan ilmu Teknis Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue)  sehingga Para Potensi SAR Manggarai Barat memiliki komptensi ataupun keahlian dalam melakukan pertolongan di permukaan air, ini adalah wujud preventif keselamatan para wisatawan dan masyarakat di Kab,Manggarai Barat.”

Sementara itu Asiten Perekonomian dan Pembangun Kab.Manggarai Barat Ir.Martinus Ban,S.T mewakili Bupati Kab.Manggarai Barat mengatakan bahwa “Kemampuan Pelaksanaan Pencarian dan Pertolongan ditentukan oleh beberpaa faktor diantaranya Pengendalian dan Koordinasi kepada Potensi SAR, oleh itu Para Peserta Pelatihan Potensi SAR yang akan melaksanakan pelatihan wajib mengusai ilmu Teknsi Pertolongan di Permukaan Air (Water Rescue)  guna mendukung tugas-tugas kemanusiaan di Kab.Manggarai Barat. Serta mewakili Bupati Kab.Manggarai Barat Kami mengaturkan Terima Kasih kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atas penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini. Semoga dengan kegiatan ini sinergitas antar potensi SAR di Kab. Manggarai Barat lebih baik lagi dan selamat berlatih untuk para peserta.”

Ketua Panitia Pelaksanaan Potensi SAR Karel  Roni Ileng,S.E mengatakan bahwa “mewakili Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Bapak I Putu Sudayana,S.E,M.AP Kami menyampaikan peserta pelatihan potensi SAR berjumlah 50 Orang dengan maksud untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada potensi pencarian dan pertolongan guna memberikan bantuan SAR kepada korban yang membutuhkan.”

Adapun pelaksanaan Pelatihan Potensi SAR Teknis Pertolongan di Permukaan Air berlangsung dari tanggal 13 – 19 Juni 2022 dan akan melaksanakan pembelajaran di ruang Bupati Manggarai Barat dan Praktik di Pantai Pedde. Para Peserta berasal dari Polres Kab.Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, koramil 1612 Komodo, Brimob Kompi 4 Batalyon B pelopor, Polairud Manggarai Barat, Bandara Udara Komodo, Ksop Kab.Manggarai Barat , RSUD Pratama Komodo, Dinas Sosial Manggarai Barat, PMI Kab.Manggarai Barat, Dinas Parwisata Manggrai Barat, Komunitas Guide Freeland, Dinas Kesehatan Kab.Manggarai Barat, BMKG Komodo, Balai Taman Nasional Komodo, Kwartir Cab,Pergerakan Pramuka Manggarai Barat, RS. Siloam Labuan Bajo, Mapala Politeknik Labuan Bajo, PT.Pelindo Kelas III Labuan Bajo, Asosiasi Komunitas Wisatawan Labuan Bajo, Komunitas Guide KLM Budi Agung, Himpunan Parwisata  Indonesia Labuan Bajo, dan HSNI Cabang Labuan Bajo.



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
13 June 7:24 WIB