KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


KANTOR PENCARIAN DAN PERTOLONGAN MAUMERE MENGIKUTI RAPAT KERJA NASIONAL YANG DIBUKA LANGUNG OLEH PRESIDEN SECARA DARING


Maumere,21/02/2022. Pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan bersama Potensi SAR mengikuti rapat kerja nasional Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo secara daring di aula Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere dan juga diikuti secara virtual oleh Buapti Kab.Sikka, Kapolres Sikka, Danlanal Maumere, Dandim 1603 Sikka, serta KeJari Sikka bertempat diruang kerja masing-masing. Pembukaan Rapat Kerja Nasional dilaksanakan langsung di Istana Negara.

Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi dalam sambutannya mengakatan bahwa “dalam Melaksanakan Tugas di bidang pencarian dan pertolongan saat ini Basarnas memiliki 43 Kantor Pencarian dan Pertolongan dan satu balai pendidikan dan latihan, 77 Pos Pencarian dan Pertolongan, serta 63 Unit Siaga Pencarian dan Pertolongan. Tahun 2021 Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan telah melaksanakan Operasi Pencarian dan Pertongan sebnayak 2264 kejadian yang meliputi Operasi Kecelakaan Pesawat, Kapal, Penanganan Khusus, Bencana dan Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia, selain  melaksanakan tanggap darurat Basarnas juga melakukan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana yang meliputi diklat pencarian dan pertolongan, pelatihan potensi SAR, Latihan SAR Basarnas yang bersifat gabungan dengan kementrian Lembaga,TNI POLRI, latihan dengan Negara Perbatasan, serta latihan berskala internasional.”

Presiden Joko Widodo dalam sambutan pembukaanya mengatakan bahwa “Pertama-tama saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke 50, Ulang Tahun Emas, dan sekaligus mengucapkan Terima Kasih yang Sebesar-besarnya Kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan yang selalu sigap membantu masyarakat, membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di berbagai daerah, diberbagai medan bencana. Peserta Rakernas yang Saya Hormati, tantangan Kita dalam menghadapi situasi kedaruratan akan semakin besar tetapi dalam situasi apapun pelayanan SAR harus sigap dan cepat untuk menyelamatkan setiap jiwa manusia dimanapun dlaam situasi apapun setiap jiwa harus diselamatkan dlaam resiko bencana dan kedaruratan lainnya, Basarnas harus segera hadir secara cepat untuk memberikan pertolongan. Saya perlu tegaskan beberapa hal yang pertama perbanyak inovasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada sehingga Kita mampu menyelamatkan lebih banyak korban, kedua, terus tingkatkan komptensi SDM SAR yang tinggi dan kehalian yang relevan dengan kebutuhan situasi hari ini dan pastikan  keselamatan Tim SAR yang sedang bekerja. Yang ketiga, perkuat sinergi dan kolaborasi, kerja SAR adalaj kerja terpadu dnegan melibatkan kementrian dan Lembaga, melibatkan TNI Polri, Badan Usaha, Organisasi dan masyarakat serta Potensi SAR lainnya. Yang ke Empat, Perkuat pencegahan mitigasi  dan antisipasi serta yang tak kalah penting lakukan edukasi, pelatihan-pelatihan tekinis SAR secara masif kepada masyarakat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere dalam wawancara via telepon mengatakan bahwa”Saya mengucapkan Terima Kasih banyak kepada Bapak Bupati Kab.Sikka. Danlanal Maumere, Dandim 1603 Sikka, Kapolres Sikka, serta Kejari Sikka yang telah mengikuti jalannya pembukaan Rapat Kerja Nasional yang dibuka langsung Oleh Presiden Joko Widodo ditempat kerja masing-masing secara virtual serta seluruh Potensi dan Pegawai yang mengikuti Pembukaan secara virtual di ruangan aula Kantor SAR Maumere dan Para Rescuer yang ada di Pos SAR Manggarai Barat, Pos SAR Alor dan Unit Siaga SAR Ende, Semoga setelah adanya Rapat Kerja Nasional Tahun 2022 Kita membuka semangat baru sinergitas dan koordinasi yang lebih erat lagi dalam misi pencarian pertolongan di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.”

Adapun Potensi SAR yang turut hadir dalam pelaksanaan Rapat Kerja Nasional di aula Kantor SAR Maumere yaitu  Pasintel Lanal Maumere, Mayor Laut (P) M. Makruf. Perwakilan anggota Den B Pelopor Brimob Maumere, Perwakilan anggota Kodim 1603/Sikka, Perwakilan anggota KSOP Pelabuhan L. Say Maumere, Perwakilan Karyawan PT. Pelindo serta Pegawai Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere.



Kategori General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
21 February 12:00 WIB