KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


Kapal PM. Ebeneser Patah Kemudi Di Perairan Pantar Timur Alor Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi 42 Penumpang


Maumere, 14/01/2020. Kantor SAR Maumere menerima laporan 1 buah kecelakaan Kapal PM. Ebeneser mengalami patah AS kemudi di antara perairan Pulau Pantar dan Pulau Treweng. Kronologi Kejadian Pada Pukul 10.00 wita Kapal PM. Ebeneser yang hendak menuju Tamakh Pantar Timur dari Pelabuhan Kalabahi mengalami Patah AS Kemudi dengan POB (Person on Board) 42 Orang. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, S.E.,M.AP yang bertindak sebagai SMC (Sar Mission Coordinator) mengatakan bahwa proses operasi SAR PM. Ebeneser yang merupakan kapal penumpang rute Pelabuhan Kalabahi Alor – Tamakh Pulau Pantar, Pertama Kami menerima laporan dari Ibu Wati salah satu penumpang yang berada di PM. Ebeneser pukul 12.10 wita. Setelah menerima laporan 15 menit kemudian Kami berangkatkan Tim SAR Gabungan pada pukul 12.15 Wita yang terdiri dari Pos SAR Alor 3 Orang, Pos AL 1 Orang, Polairud 2 Org, KP3L 2 Orang, KSOP Alor 3 Orang dengan menggunakan 1 unit RIB 500 PK Pos SAR Alor. Perkiraan Tim SAR Gabungan tiba di lokasi kejadian Pukul 13.00 Wita.

Saat Tim SAR Gabungan sedang dalam perjalanan menuju lokasi, Pukul 12.45 wita Kami berhasil menghubungi Ibu Wati kembali dan mendapatkan informasi bahwa Kapal PM. Ebeneser sudah tiba di Pelabuhan Warsalelang Pantar Timur ditarik oleh kapal nelayan dengan seluruh penumpang dalam keadaan selamat namun kapal belum bisa sandar dengan aman dikarenakan gelombang air pasang yang tinggi. 

Pada Pukul 13.10 wita Tim SAR Gabungan sampai ke lokasi kejadian dan langsung melakukan proses evakuasi terhadap seluruh penumpang ke RIB 500 PK dan dibawa ke Pelabuhan Warsalelang. Pada Pukul 14.15 Wita proses evakuasi telah selesai dilakukan seluruh penunpang telah berada di pelabuhan warsalelang selanjutnya dilakukaan pendataan penumpang, pada laporan awal Kami menerima data penumpang sebanyak 40 orang namun data yang asli dilapangan berjumlah 36 orang dengan hasil, Nahkoda 1 Orang dan ABK 5 Orang dengan total POB (Person ON Board) semuanya 42 orang. 

Kendala yang dihadapi saat Operasi SAR PM. Ebeneser adalah pertama gelombang yang tinggi mencapai 2 meter, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere I Putu Sudayana, S.E.,M.AP sangat mengutamakan safety dari para Tim SAR Gabungan dalam melakukan operasi SAR, sehingga kecepatan RIB 500 PK Alor menyusaikan dengan tinggi gelombang agar tetap aman dan tanpa harus terburu-buru. Kendala kedua adalah komunikasi karena jaringan sinyal telpon seluler di lokasi kejadian blank dan jaringan sinyal baru dapat diakses saat lego jankar Kapal PM. Ebeneser dengan RIB 500 PK Pos SAR Alor untuk melakukan proses evakuasi. 

Kepala Kantor SAR Maumere mengucapkan terima kasih banyak dan apresiasi yang tinggi kepada Tim SAR Gabungan tertutama para Potensi SAR yang telah membantu anggota Pos SAR Alor yaitu Pos AL Alor, Polairud Alor, KP3L Alor, KSOP Alor  serta Masyarakat Nelayan di lokasi kejadian sehinga proses evakuasi berjalan dengan lancar dan aman.

 



Kategori Berita Kansar , Kecelakaan Pelayaran .
Pengunggah : Maumere
14 January 16:00 WIB