KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


Terdampak Air Rob Di Kec. Lela & Doreng Kab. Sikka 8 Rescuer Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere Tinjau Lokasi Dan Beri Bantuan SAR


Maumere, 30/20/2019. Kantor SAR Maumere pada Pukul 12.10 Wita menerima laporan via telepon dari Kalak BPBD Sikka bahwa telah terjadi bencana alam gelombang pasang air laut (Air Rob) ke pemukiman warga di Kec. Lela berjarak 17.9 Km dari Kantor SAR Maumere dan Kec. Doreng berjarak 29.10 Km dari Kantor SAR Maumere. Kronologi kejadian yang diterima Kantor SAR Maumere yakni pada tanggal 29 Oktober 2019 Pukul 20.00 Wita telah terjadi  bencan alam gelombang air laut pasang (Air Rob) di pemukiman warga di Kec. Lela di Desa Bangboler, Desa Watu Todang, dan kec. Doreng di Desa Nengbura.

Pada Pukul 12.15 Wita Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere telah berkoordinasi dengan instansi potensi SAR yang ada di wilayah kerja Kansar Maumere seperti Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, BPBD Sikka, Dinsos Kab. Sikka dengan hasil bahwa rumah warga terendam air rob dan korban jiwa masih belum diketahui.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Maumere selaku SMC (Sar Mission Coirdination) I Putu Sudayana S.E M.AP setelah menerima laporan langsung pada Pukul 12.30 Wita mengerahkan 8 orang rescuer yang terdiri dari dua Tim Sru (SAR Unit) dimana setiap Tim berjumlah 4 Orang. Tim SRU 1 Diberangkatkan menggunakan mobil rapid land SAR menuju lokasi kejaduian yakni di Kec. Lela dan Tim SRU 2 diberangkatkan menggunakan mobil rapid land SAR menuju Kec. Doreng guna melaksanakan peninjauan terhadap warga dan rumah yang terdampak bencana alam air Rob serta memberikan Bantuan SAR. Tim SRU 1 diperkirakan tiba pada Pukul 13.10 Wita sedangkan Tim SRU 2 diperkirakan tiba pada Pukul 14.30 Wita.

Pada Pukul 15.00 Wita telah dilaksanakan pengecekan ke lokasi kejadian baik di Kec. Lela dan Kec. Doreng dengan hasil dari kedua Tim SRU meneumakan tidak ada korban jiwa dalam bencana air rob tersebut dan semua warga yang terdampak telah dievakuasi ke tempat yang lebih tinggi. Adapun data desa yang terdampak bencana alam air rob yang disurvei oleh Tim Sru di Kec. Lela sebagai berikut:

  1. Desa Sikka, 49 KK, 227 jiwa
  2. Desa Watu Tedang, 43 KK, 168 Jiwa
  3. Desa Hepang, 19 KK, 51 Jiwa
  4. Desa Lela, 165 KK, 542 Jiwa

DI Kab. Doreng sendiri yang terdampak bencana alam air rob yakni di Desa Nengbura, 17 KK 139 jiwa. Adapun unsur yang terlibat diantaranya Kansar Maumere, 8 Orang, Kodim 1603 Sikka, Polres Sikka, BPBD Sikka, dan Dinsos Sikka.    

 

 



Kategori Bencana .
Pengunggah : Maumere
30 October 16:00 WIB