KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN BERHASIL MENEMUKAN 3 ORANG NELAYAN LABUAN BAJO YANG BELUM KEMBALI DARI MELAUT DI PERAIRAN DESA POTA MANGGARAI TIMUR


Borong,26/03/2022. Pada Pukul 05.45 Wita Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere  melalui Pos SAR Manggarai Barat menerima info dari Bapak  Sahruddin bahwa telah terjadi kecelakaan kapal nelan dengan POB (Person On Board) 3 Oarng, Mereka belum kembali saat mencari ikan di Perairan Pulau Seraya Besar sekitar 9.86 NM dari Pelabuhan ASDP Labua Bajo.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E.,M.AP mengatakan bahwa “Kronologi yang Kami dapatkan dari Bapak  Sahruddin, pada tanggal 25 Maret 2022, ke Tiga Nelayan pergi melaut mencari ikan dengan menggunakan perahu motor di sekitar peraran Pulau Seraya Besar namun sampai malam hari ke tiga nelayan belum kembali melaut.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “setelah menerima informasi Kami melaksanakan koordinsi dengan Potensi SAR yang ada di Labuan Bajo seperti Lanal Labuan Bajo, Pos Polair Labuan Bajo, KSOP Labuan Bajo serta Keluarga Korban. Pada Pukul 06.00 Wta Kami brangkatkan Tim SAR Gabungan dengan menggunakan Rib 500 PK Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi Peralatan SAR air lainnya ke sekitar loka kejadian untuk melakanakan operasi SAR. Tim SAR Gabungan tiba di sekitar lokasi kejadian di Perairan Perairan Pulau Seraya Besar pada pukul 06.30 Wita dan melaksanakan operasi SAR. Pada Pukul 13.10  Wita Tim SAR Gabungan menerima laporan dari Bapak Mahdi yang merupakan seorang nelayan Desa Pota Manggarai Timur pada pukul 12.00 Wita telah ditemukan ke tiga nelayan dalam keadaan selamat dengan perahu di sekitar perairan utara Desa Pota dan ditarik mengunakan perahu ke pelabuhan Desa Pota.”

Pada Pukul 13.20 Wita Pihak Keluarga menjemput Mereka di Desa Pota menggunakan dua Perahu Nelayan, selanjutnya Ke Tiga Nelayan bersama kapal yang ditumpanginya akan ditarik ke Pulau Seraya Besar Manggarai Barat. 

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan berterima dan mengapresiasi setinggi-tinginaya Kepada Seluruh Tim SAR Gabungan yaitu Rescuer Pos SAR Mnggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polair Labuan ajo, KP3L Labuan Bajo, KUPP Labuan Bajo  dan Nelayan Desa Pota  yang telah melaksanakan Operasi SAR dan berhasil menemukan ke tiga nelayan dalam keadaan selamat. Berkat koordinasi dan sinergi yang baik oleh seluruh Tim SAR Gabungan Ke Tiga Nelayan dapat kembali berkomunikasi dan berjumpa dengan keluarganya, semoga Tim SAR Gabungan mendapatkan amal ang baik di sisi Tuhan ya Maha Penyayang atas pelaksanan tugas kemanusiaan ini.

Adapun identitas Ke Tiga Nelayan sebagai berikut:
1. Adi Rahman, Laki-laki, Usia 41 Tahun
2. Ramli Saputra, Laki-laki, Usia 36  Tahun
3. Muhjir,Laki-laki, Usia 31 Tahun.



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Maumere
26 March 18:30 WIB