KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI KAPTEN YANG TERPELESET DI KLM LAMBORAJO LABUAN BAJO


Labuan Bajo, 30/01/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melalui Pos SAR Mangggarai Barat menerima info dari Bapak Yohanes pada pkul 14.25 Wita bahwa telah terjadi kecelakaan kapal terhadap seorang Kapten terjatuh dari Kapal KLM Lamborajo di perairan depan Pulau Monyet Kab. Manggarai Barat dengan jarak 2,64 NM dari Pos SAR Manggarai Barat.

Kronologi kejadian berawal pada pukul 14.00 Wita Korban yang bernama Antonius, seorang laki-laki berusia 50 Tahun terpeleset di dari deck  atas KLM Lamborajo ke deck bawah, sebelym jatuh ke laut korban dicurigai terkena benturan di bagian kepala sehingga tidak sadarkan diri saat terjatuh ke laut.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere selaku SMC (SAR Mission Coordinator) Bapak I Putu Sudayana, SE.,M.AP. dalam wawancara mengatakan bahwa “setelah Kami menerima info dari Bapak Yohanes, pads pukul 14.40 Wita Kami Langsung berkoordinasi dengan instansi Potensi SAR yang ada di wilayah kerja Basarnas Maumere khususnya Labuan bajo seperti Lanal Maumre, Pos AL Maumere, Polair Manggarai Barat, KSOP Manggarai Barat, KKP Manggarai Barat, Dive Centre Labuan Bajo, ABK KLM Labuan bajo dan nelayan setempat. Pada Pukul 14.45 Wita Kami berangkatkan Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat yang berjumlah empat orang menggunakan satu unit RIB 500 PK Pos SAR Manggarai Barat, dan Kami juga berangkatkan ABK KN SAR Purworejo yang berjumlah tiga orang menggunakan sekoci KN SAR Purworejo guna melaksanakan operasi SAR yang mengacu pada peraturan protkol kesehatan covid-19 terhadap korban di lokasi kejadian.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “Pada Pukul 15.55 Wita Tim SAR Gabungan menemukan korban dalam meninggal dunia dan langsung melaksanakan evakuasi, selanjutnya Korban di bawa ke Pelabuhan Labuan Bajo. Pada Pukul 16.05 Wita Tim SAR Gabungan tiba di labuan bajo dan korban langsung di bawa ke RS Siloam menggunakan ambulance KPP Manggarai Barat.”

Diakhir wawancara Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menghaturkan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Tim SAR Gabungan yang telah bergabung dalam operasi SAR kali ini sehingga dapat menemukan Kapten KLM Lamborajo dan mengevakuasi dengan cepat menuju RS Siloam. Tugas Kemanusiaan merupakan tugas Kita Bersama, Semoga operasi SAR yang dilaksanakan oleh Tim SAR Gabungan di labuan Bajo mendapatkan pahala di Sisi Tuhan yang Maha Esa.

 



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Maumere
30 January 18:30 WIB