KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


Tim SAR Gabungan Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ili Lewotolok Kab. Lembata Masuki Hari Ke 3


Memasuki hari ketiga, tim SAR Gabungan berhasil evakuasi 7.968 orang yang terdampak erupsi Gunung Ili Lewotolok Kab. Lembata. Pencarian hari ketiga sudah dimulai sejak dini hari pada pukul 00.00 Wita dikarenakan situasi status gunung Ili Lewotolok yang tak kunjung mereda. Hal itu sebagai upaya penangan dini untuk menghindari korban jiwa apabila terjadi peningkatan status Gunung Ili Lewotolok. Pencarian hari ketiga dimulai dengan melanjutkan penyisiran dan evakuasi warga yang tersebar di beberapa desa antara lain; Desa Lamatokan, Desa Wawala dan Desa Amakala. Dari ketiga Desa tersebut tim SAR Gabungan total berhasil mengevakuasi 711 orang dan kemudian untuk selanjutnya dikumpulkan menuju ke Halaman Kantor Bupati Lembata. Tim SAR Gabungan yang seolah tak kenal lelah terus melanjutkan proses evakuasi itu hingga pukul 12.00 Wita. Secara keseluruhan sampai dengan pukul 12.00 Wita tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi total 6.237 orang yang tersebar dan ditempatkan di beberapa lokasi penampungan pengungsian yang ada.Para warga yang mulai menyadari akan adanya bahaya mengancam satu persatu mulai melakukan evakuasi mandiri total ada 1.731 orang yang melakukan evakuasi mandiri. Hal tersebut tentu sangat membantu dan mempercepat proses evakuasi yang dilaksanakan oleh tim SAR Gabungan.

Unsur SAR gabungan yang terlibat sampai dengan hari ketiga ini antara lain; Basarnas Maumere 8 orang, Lanal Maumere 12 orang, PVBMG Pos Pemantauan Gunung Ili Lewotolok 2 orang, Kodim 1624 Flores 15 orang, Pos AL Lembata 3 orang, Polres Lembata 8 orang, BPBD Lembata 38 orang, Tagana Lembata 1 orang, Damkar Lembata 2 orang dan dari Pramuka Lembata 1 orang. Jumlah unsur SAR Gabungan yang terlibat kemungkinan akan terus bertambah. Hal ini diperkuat dengan diberangkatkannya 22 personil dari Basarnas Kupang melalui jalur laut dengan menggunakan KN SAR Antareja yang bertolak dari Pelabuhan Navigasi Tenau Kupang pukul 11.30 Wita dan diperkirakaan akan tiba pada pukul 20.00 Wita di Lembata.

Sampai dengan pukul 18.00 Wita tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi total keseluruhan ada 7.968 orang yang tersebar di beberapa tempat lokasi penampungan pengungsian yang ada. Evakuasi akan terus dilanjutkan dihari berikutnya dengan melakukan penyisiran di desa-desa yang dalam radius bahaya sampai dengan status gunung Ili Lewotolok dapat dinyatakan dalam status aman.



Kategori General Berita , Bencana Nasional .
Pengunggah : Maumere
1 December 19:00 WIB