KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI SELAMAT DUA ORANG NELAYAN KORBAN KAPAL MATI MESI DI KAB.SIKKA


Maumere, 08/07/2021. Kantor Pencarian dan pertolongan Maumere pada pukul 09.50 Wita menerima informasi dari Bapak Yosef bahwa telah terjadi kecelakaan kapal satu buah kapal nelayan tanpa nama mengalami mati mesin pada saat mencari ikan di antara perairan Pulau Besar dan Maumere diperkirakan lokasi kejadia berada di sekitar 10.51 NM dari Pelabuhan Wurinng.

Kronologi kejadian bermula saat nelayan yang bernama Rifai, laki-laki berusia 20 Tahun dan Yosi, laki-laki berusia 16 tahun sedang mencari ikan di sekitar perairan Pulau Besar dan Maumere namun naas kapal yang Mereka tumpangi mengalami mati mesin.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E.M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordinator) mengatakan bahwa”Pada Pukul 09.55 Wita Kami langsung melaksanakan Koordinasi dengan Potensi SAR yang ada di Kab.Sikka, Pada PUkul 10.00 Wita Kami berangkatkan Tim Rescue Kansar Maumere yang berjumlah 5 Orang menuju lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit RIB 500 PK yang dilengkapo dengan peralatan SAR Air guna melaksanakan Operasi SAR.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa Pukul 11.30 Wita Kantor SAR Maumere menerima laporan dari masyarakat Desa Ngolo Pulau Pemana bahwa Pada Pukul 05.00 Wita ditemykan sebuah perahu nelayan dengan pebumpang sebanyak 2 Orang terdampar di Perairan Desa Ngolo, kedua orang tersebut dalam keadaan selamat. Pada Pukul 11.35 Wita Tim SAR Gabungan yang sedang melaksanakan Operasi SAR di lokasi kejadian diarahkan menuju Desa Ngolo Pulau Pemana untuk memastikan kedua penumpang tersebut. Pada pukul 11.50 Wita Tim SAR Gabungan dengan menggunakan TIB 500 PK Kansar Maumere tiba di Desa Ngolo Pulau Pemana dan langsung bertemu dengan kedua korban serta dipastikan oleh Paman Korban bahwa kedua orang tersebutlah korban yang dicari selanjutnya kedua korban dibawa menggunakan RIB 500 PK Kansar Maumere menuju maumere. Pada Pukul 12.35 Wita Tim SAR Gabyngan dan 2 Orang Korban tiba di Pelabuhan Wuring dalam kondisi sehat dan selamat.

Adapun identitas korban yaitu Rifai seorang laki-laki berusia 20 Tahun dan Yosi seorang laki-laki berusia 16 Tahun. Tim SAR Gabungan yang melaksanakan pencarian pada operasi ini diantaranya Kansar Maumere, Lanal Maumere dan Keluarga Korban.

 



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Maumere
8 July 10:00 WIB