KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN EVAKUASI SELAMAT KRU KAPAL KLM FANGKY YANG MATI MESIN DI PERAIRAN KAB.FLORES TIMUR


Larantuka,05/12/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere pada pukul 04.00 Wita menerima informasi dari Kapten Kapal KLM Fangky bahwa kapal mereka mengalamo kerusakan mesin patah AS Gearbox dengan POB (Person On Board) 6 Orang di Perairan Kab.Flores Timur. Kronologi bermula saat KLM Fangky dengan rute Tenau Kupang menuju Pelabuhan Wuirng pada pukul 03.30 Wita KLM Fangky mati mesin disebabkan mesin patah as gearbox, adapun ciri-ciri KLM Fangky berwarna putih biru berjenis kapal barang dengan GT (gross ton) 88 GT.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E,M.AP selaku SMC( SAR Mission Coordintaor) mengatakan bahwa “Pada Pukul 04.15 Kami melaksanakan koordinasi dengan Potensi SAR yang ada di wilayah kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan Muamere seperti Lanal Maumere dan Ditpolair Polda NTT, Pukul 04.25 Wita Kami berangkatkan Tim Rescue Kansar Maumere berjumlah 5 Orang bersama 14 Orang ABK KN SAR Puntadewa 250 menuju lokasi kejadian dengan menggunakan KN SAR Puntadewa 250 yang dilengkapi dengan Peralatan SAR air lainnya.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “ Tim SAR Gabungan tiba dilokasi kejadian pada pukul 06.55 Wita dan langsung melaksanakan pencarian yang difokuskan kearah timur seluas 3 NM, Pada pukul 08.30 Wita OSC (On Scene Coordination) yang dipimpin oleh Kepala Subseksie Operasi dan Siaga I Wayan Suwena,S.H menerima informasi dari nelayan yang mencari ikan disekitar lokasi kejadian bahwa Pada pukul 05.30 Wita KLM Fangky ditarik oleh beberapa kapal nelayan tradisional menuju perairan Desa Laka Kab.Flores Timur. Pada Pukul 08.45 Wita KN SAR Puntadewa diarahkan menuju perairan desa Laka untuk memastikan informas tersebut dan tiba di perairan desa Laka pukul 10.00 Wita dengan hasil Tim Rescue sudah melihat dan KLM Fangky dalam keadaan lego jangkar, OSC beserta Tim Rescue merapat ke KLM Fangky dan didapatkan hasil seluruh kru  yang berjumlah 6 Orang dalam keadaan selamat dan sehat. Jarak KLM Fangky Lego Jangkar dari daratan kurang kebih 250 M dan sebagai alat transportasi menggunakan sekoci yang berada di kapal. pada pukul 10.15 Wita KN SAR Puntadewa beserta Tim Rescue dan ABK berangkat kembali menuju Pelabuhan Wuring Maumere dan sampai pada pukul 14.10 Wita dengan seluruh Tim Rescue dan ABK dalam keadaan selamat dan sehat.

Diakhir wawancara Beliau mengatakan bahawa “Syukur pelaksanaan operasi SAR oleh Tim SAR Gabungan berjalan dengan aman dan lancar semua berkat koordinasi yang baik, Saya sangat bangga dan mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya kepada seluruh Tim SAR Gabungan atas keberhasilannya dalam melaksanakan operasi SAR, semoga operasi SAR ini menjadi pahala yang baik dan diterima di Sisi Tuhan Yang Maha Esa.

   



Kategori Kecelakaan kapal .
Pengunggah : Maumere
5 December 15:30 WIB