KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN MELAKSANAKAN OPERASI PENCARIAN ADITYA YANG TENGGELAM DI SUNGAI WAE PESI MANGGARAI


Manggarai Barat, 04/02/2021. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere melalui Pos SAR Manggarai menerima info dari Kalak BPBD Manggarai Bapak Liber Habut pada hari rabu pukul 22.00 Wita bahwa telah terjadi Kondisi Membahayakan Jiwa Manusia berupa satu orang tenggelam di sungai Wae Pesi.

Kronologi kejadian bermula pada hari rabu pukul 15.30 Wita  korban bernama  Aditya Rizky , laki-laki berusia 13 Tahun beralamat di Kampung Barat Kec. Reo, Pulau Reo Manggarai Barat sedang mandi di sunga Wae Pesi bersama dua orang temannya, namun naas pada pukul 16.00 Wita Aditya tenggelam dan dua orag temannya segera meminta bantuan warga sekitar.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana, S.E.,M.AP selaku SMC (SAR Mission Coordinator) dalam wawancara mengatakan bahwa” Setelah menerima informasi dari Kalak BPBD Manggarai  Bapak Liber Habut,  pada hari rabu pukul 22.10 Wita Kami langsung berkoordinasi dengan instansi  Potensi SAR di daerah  Manggarai Barat seperti Koramil Reo, BPBD Manggarai Barat, Polsek Reo, Polair Reo, PMI Manggarai Barat, Camat Reo, dan Keluarga Korban. Pada pukul 22.15 Wita diberangkatkan Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat berjumlah 4 Orang dan  ABK KN SAR Purworejo 101 berjumlah 3 orang menuju lokasi kejadian dengan menggunakan 1 Unit Truck Personil Pos SAR Manggarai Barat, mobil Rapidland Pos SAR Manggarai Barat yang dilengkapi Rubber Boat 25 PK dan Peralatan SAR Air 1 set guna melaksanakan operasi SAR di lokasi kejadian. Tim Tiba di lokasi pada hari kamis pukul 03.20 Wita”.

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “Hari ini kamis februari 2021, Tim SAR Pencarian hari Ke dua terhadap Aditya Rizky dimulai pada pukul 06.00 Wita dengan melaksanakan Briefing Tim SAR Gabungan serta pembagian SRU kepada seluruh Potensi yang terlibat oleh OSC (On Scene Coordinator) Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edy Suryono. Pelaksanaan Operasi SAR Hari ke dua dilakukan dengan penyisiran oleh Tim SAR Gabungan yaitu penyisiran di atas permukaan air dan pennyisiran di darat di sekitar lokasi kejadian, penyisiran hingga pukul 18.00 Wita masih nihil dan dilanjutkan besok pagi pada puku 06.00 Wita dengan menggerakkan Tiga SRU yaitu SRU 1 dengan menggunakan satu unit rubber boat 25 PK Pos SAR Manggarai Barat. SRU 2 menggunakan satu unit Kapal Polisi (KP Nicamolas) Polair Reo, dan SRU 3 melaksanakan penyisiran  darat sepanjang sungai wae pesi.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere mengapresiasi dan menghaturkan rasa terima kasih setinggi-tingginya kepada Tim SAR Gabungan yang telah melaksanakan operasi SAR Hari ke Dua kepada Aditya Rizky, Beliau berharap agar terus meningkatkan rasa semangat dan optimisme Tim SAR Gabungan untuk selalu bersinergi dan berkoordinasi dalam melaksanakan Operasi SAR karena tugas ini merupakan tugas kemanusiaan yang mulia.

Adapun Unsur SAR Gabungan yang telah melaksankan operasi SAR hari ini yaitu Pos SAR Manggarai Barat 4 Orang, ABK KN SAR Purworejo 101 3 Orang, BPBD Manggarai Barat 2 Orang, Polsek Reo 8 Orang, Koramil Reo 5 Orang. Polair Reo 2 Orang, PMI Manggarai 5 Orang, Camat Reo dan Keluarga Korban serta masyarakat setempat.



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Maumere
4 February 18:15 WIB