KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


TIM SAR GABUNGAN MELAKSANAKAN PENCARIAN TERHADAP VABIO YANG TERSERET ARUS SUNGAI CUNCA WULANG MANGGARAI BARAT


Labuan Bajo,14/04/2022. Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere menerima informasi dari Pak Arman Pukul 18.45 Wita (13/04) bahwa telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia terhadap satu orang laki-laki bernama Vabio usia 31 Tahun yang beralamat di Sumbawa dan berdomisili sementara di Golo Koe Kab.Manggarai Barat yang terseret arus Sungai Cunca Wulang Desa Cunca Wulang Kec.Mbeliling Kab.Manggarai Barat di perkirakan pada koordinat 8°32'37.15"S - 119°59'43.63"E sekitar 12.58 KM dari Pos SAR Manggarai Barat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere selaku SMC (SAR Mission Coordinator) I Putu Sudayana,S.E,M.AP mengatakan bahwa “Kronologi kejadian terseretnya Saudara Vabio yang Kami himpun dari Pelapor bermula pada pukul 15.00 Wita kemarin Saudara Vabio bersama teman-temannya pergi ke sungai Cunca Wulang untuk mandi namun saat berjalan mengikuti arus aliran air terjun sungai Cunca Wulang korban terseret arus.”

Lebih lanjut Beliau mengatakan bahwa “setelah Kami menerima informasi, Kami langsung berkoordinasi dengan instansi Potensi SAR yang ada di Manggarai Barat diantaranya Lanal Labuan Baji, Pos Pol Air Labuan Bajo, Polres Manggarai Barat, Polsek Sano Nggoang, Koramil 1612-02/Komodo dan BPBD Kab. Manggarai Barat. Pada Pukul 19.00 Wita diberangkatkan Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat yang berjumlah 4 Orang menuju lokasi kejadian dengan menggunakan Truk Personil Pos SAR Manggarai Barat dan Mobil Rapid Land SAR yang telah dilengkapi dengan Peralatan Selam 4 set dan Peralatan Mountenering 1 Set guna melaksanakan Operasi SAR. Pada Pukul 20.30 Wita Tim Recue tiba di lokasi kejadian dan bergabung dengan Tim SAR Gabungan lainnya serta melaksanakan koordinasi bersama-sama dengan Kepala Desan dan Warga Desa Cunca Wulang. Pada Pukul 21.00 dilaksanakan pencarian oleh Tim SAR Gabungan dengan mengutamakan safety namun hasil masih nihil.”

“Hari ini merupakan pelaksanaan hari ke dua oleh Tim SAR Gabungan, Tim SAR Gabungan telah melaksanakan Operasi SAR pada pukul 06.00 Wita sesuai dengan rencana operasi yang telah dibuat, Saya berharap Tim SAR Gabungan dapat segera menemukan Saudara Vabio dan selalu mengutamakan safety dalam proses pencarian, serta selalu tingkatkan semangat koordinasi dan sinergi dengan Tim SAR Gabungan lainnya agar pelaksanaan Operasi SAR berjalan dengan aman dan lancar.” Ungkap Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan di akhir wawancara.

Adapun Tim SAR Gabungan yang melaksanakan operasi SAR hari ini diantaranya Tim Rescue Pos SAR Manggarai Barat, Lanal Labuan Bajo, Polres Manggarai Barat, Polsek Sano Nggoang, Koramil 1612-02/Komodo, BPBD Manggarai Barat, Masyarakat Desa Cunca Wulang.



Kategori Kondisi Yang Membahayakan Jiwa Manusia .
Pengunggah : Maumere
14 April 8:00 WIB