KANTOR PENCARIAN DA PERTOLONGAN MAUMERE " PROFESIONAL, SINERGI, MILITAN" UNTUK INDONESIA MAJU


WAKIL BUPATI KAB.SIKKA MEMBUKA SECARA RESMI PELATIHAN POTENSI SAR PERTOLONGAN PERTAMA (FIRST AID) DI KAB.SIKKA TAHUN 2022


Maumere,25/03/2022. Wakil Bupati Kab.Sikka membuka secara resmi Pelatihan Potensi SAR Pertolongan Pertama (First Aid) pertama di Kab.Sikka bertenpat di aula Hotel Pelita dan diikuti oleh peserta dan seluruh undangan dari Danlanal Maumere, Dandim 1603/Sikka, Kapolres Sikka, Perwakilan Kejari Sikka, Komandan Brimob, GM PT Pelindo Maumere, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Sikka, Kapten Polairud Maumere, Perwakilan KUPB Kelas II Frans Seda, Perwakilan Dinas Kesehatan, Ketua PMI Kab.Sikka, Bulog dan Kepala Dinas Sosial Kab.Sikka.

Wakil Bupati Kab. Sikka Romanus Woga mengatakan dalam sambutannya bahwa “Kemampuan SAR dalam menangangi terjadinya kecelkaan dan bencana ditentukan oleh beberapa faktor seperti pengendalian dan koordinasi kepada potensi pencarian dan pertolongan yang terlatih guna mendukung pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan. Berhasil dan tidaknya pelaksanaan operasi SAR sangat bergantung pada koordinasi serta kemampuan SDM Potensi Pencarian dan Pertolongan, sehingga melalui pelatihan potensi pencarian dan pertolongan (SAR) Teknik pertolongan pertama (First Aid)  Kita Tingkatkan Quick Response SAR. Serta selaku pimpinan daerah, Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere yang telah menyelenggrakan kegiatan pelatihan Potensi Pencarian dan Pertolongan di Maumere Kab.Sikka”.

Beliau juga berharap agar seluruh Peserta Pelatihan Potensi SAR melaksanakan pelatihan dengan baik sehingga ilmu pertolongan pertama nanti dapat dipraktikkan dengan benar kepada korban yang membutuhkan jasa SAR dan Pertolongan Pertama. Serta mematuhi protokol kesehatan selama pelaksanaan pelatihan.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere I Putu Sudayana,S.E,.M.AP mengatakan bahwa “Pelaksanaan Pelatihan Potensi SAR Pertolongan Pertama (First Aid) merupakan Pelatihan Potensi SAR Pertama di Kab.Sikka dengan jumlah peserta sebnayak 50 Orang dan instruktur dari Kantor SAR Maumere sebanyak 10 Orang dan didampingi observer  1 Orang dari Direktorat Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas). Kami berharap seluruh peserta mengikuti seluruh pelajaran pertolongan pertama ini dengan baik dan mampu memahami pelajaran tersebut diantaranya terampil dlaam teknis di bidang pertolongan pertama serta meningkatkan kemampuan potensi pencarian dan pertolongan dalam evakuasi. Saya yakin dan percaya seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik sehingga kapan Kami membutuhkan Bapak Ibu Peserta Pelatihan Potensi Pertolongan Pertama dalam misi operasi SAR seluruh peserta dapat berpartisipasi dengan skill pertolongan pertama untuk memberikan pertolongan medis pertama sebelum korban ditangani Tim Medis lanjutan. Serta pelatihan Potensi SAR ini untuk menjadi  tempat silaturahmi dan membangun sinergitas dan koordinasi antar potensi SAR yang ada di Kab.Sikka.


Adapun laporan Ketua Panitia Pelatihan Potensi SAR Pertolongan Pertama Tahun 2022 oleh Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Karel Roni Ileng,S.E mengatakan bahwa “Waktu pelaksanaan pelatihan potesni pertolongan pertama (First Aid) di Kab.Sikka dilaksanaka  dari tanggal 25 sampai dengan 31 Maret 2022 bertempat di aula hotel pelita. Adapun peserta berasal dari Kodim 1603/Sikka, Polres Kab.Sikka, KBPP Polri Kab.Sikka, Lanal Maumere, Brimob Batalyon B Pelopor Sikka, Polairud Sikka, KUPB Kelas II Franseda Maumere, Satpol PP Sikka, RSUD TC. Hillers, Dinas Kesehatan Kab.Sikka. Dinas Sosial Kab.Sikka, Maumere Dive Community (MDC), Snorkiling Course, Palang Merah Indonesia Kab.Sikka, Maumere Swimming Club, Mapala Unipa, Kwarcab Sikka, HNSI Cabang Sikka, Maumere Mancing Manual, MDMC Cabang Maumere, Kompas (Komunitas Pancing Anak Sikka), serta PMKRI Kab.Sikka”.

\

 



Kategori Berita Kansar , General Artikel , General Berita .
Pengunggah : Maumere
25 March 11:00 WIB